CARA MEMPERBAIKI HDD / FLASHDISK YANG ERROR

Jika HARD DISK DRIVE / USB FLASH DISK DRIVE kamu error seperti kapasitas  0 byte , unallocated space / volume, corrupt dll jangan langsung dibuang, bisa jadi Hard Disk atau Flash Disk kamu masih bisa diperbaiki. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada system file ( FAT, NTFS, Ext4 dll ) pada hardisk atau flash disk. Kerusakan tersebut biasanya terjadi akibat kecerobohan pengguna perangkat tersebut seperti mencabut perangkat dari komputer / laptop tanpa mengikuti prosedur yang benar atau terinfeksi virus yang menyebabkan flash disk / hard disk menjadi error atau tidak terbaca. Jika kerusakannya tidak terlalu parah High Level Format ( HLF ) cukup untuk menjadi solusinya. High Level Format akan menghapus struktur kontrol yang sudah ada dan menggantinya dengan struktur kontrol yang baru, maka semua data akan hilang sehingga HDD / Flash Disk tampak seperti baru meskipun sebenarnya data lama masih tersimpan di dalam HDD tersebut tetapi access path ke data-data tersebut telah dihapus. Namun apabila kerusakan pada HDD / Flash Disk tersebut parah, High Level Format tidak akan cukup untuk mengatasinya. Low Level Format ( LLF ) menjadi jalan terakhir atau langkah terakhir yang ditempuh dalam usaha menyelamatkan hard disk / flashdisk bukan datanya. Berbeda dengan High Level Format ( HLF ), Low Level Format ( LLF ) akan menghapus semua data sampai ke akarnya sehingga tidak ada lagi data yang tersimpan di HDD / Flash Disk. Berikut ini adalah salah satu tool yang dapat digunakan untuk memformat hard disk tingkat rendah.

HDD LOW LEVEL FORMAT

HDD Low Level Format Tool adalah sebuah utilitas untuk memformat hard disk drive tingkat rendah. Utilitas ini dapat digunakan pada interface SATA, IDE, SAS, SCSI atau SSD hard disk drive. Dan juga dapat digunakan pada drive eksternal USB dan FIREWARE serta media SD, MMC, MemoryStick dan CompactFlash. Silahkan download HDD Low Level Format Tool melalui situs resminya di http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool  Perlu diperhatikan bahwa setelah menjalankan aplikasi ini seluruh data pada disk akan dihapus, restorasi/pengembalian data tidak memungkinkan setelah menggunakan utilitas ini. Jadi disarankan untuk membackup data terlebih dahulu jika masih memungkinkan.

Berikut adalah langkah memformat flashdisk menggunakan HDD Low Level Format Tools:

1. Colokan flashdisk ke laptop/pc

2. Buka dan jalankan aplikasi HDD Low Level Format Tools

3. Kemudian pilih flashdisk yang akan diformat


4. Setelah memilih flashdisk klik Continue

5. Kemudian pilih Low-Level format



6. Terakhir klik FORMAT THIS DEVICE jika Pop-up muncul klik YES dan tunggulah sampai proses selesai 100%.

Setelah proses format melalui hdd low level format selesai, cabut flashdisk lalu colokan kembali ke laptop/pc kemudian format flashdisk terlebih dahulu menggunakan laptop/pc untuk bisa menggunakannya kembali terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon