CARA MENONAKTIFKAN PEMBARUAN OTOMATIS WINDOWS 10

Pernahkah kalian mengalami ketika setiap kali kalian mencoba mematikan komputer, kalian dipaksa untuk memperbarui Windows 10. Tapi kalian benar-benar tidak ingin memperbarui sistem operasi kalian karena mungkin kalian sudah cukup puas dengan fitur yang sekarang atau ingin menginstalnya nanti karena pembaruan otomatis windows 10 memerlukan sumber daya sistem dan jaringan. Untuk yang minim kuota seperti saya tentu hal itu sangat mengganggu, oleh karena itu berikut  ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menonaktifkan windows update khususnya window 10 semoga dapat membantu memecahkan masalah



Berikut adalah 4 solusi menonaktifkan windows update


  • Solusi Pertama Nonaktifkan Layanan Pembaruan Windows
  • Solusi Kedua Ubah Pengaturan Editor Kebijakan Group
  • Solusi Ketiga Meter Your Network Connection / Membatasi Koneksi Jaringan
  • Solusi Keempat Ubah Cara Pembaruan Windows 10 Menggunakan Registri


Cara Menonaktifkan Pembaruan Windows 10

Solusi 1. Disable Windows Update Service


Harap pahami keterbatasan metode ini. Meskipun menonaktifkan layanan pembaruan otomatis akan menghentikan pembaruan kumulatif Windows 10 untuk sementara waktu, layanan akan diaktifkan kembali setelah jangka waktu tertentu. Berikut selengkapnya:
  1. Tekan tombol logo Windows + R pada saat yang bersamaan untuk menjalankan kotak Run.
  2. Ketik services.msc dan tekan Enter
  3. Gulir ke bawah ke Windows Update , dan klik dua kali.
  4. Dalam Startup, Pilih Disable. Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan

Solusi 2. Ubah Pengaturan Editor Kebijakan Group


Fitur Kebijakan Grup tidak tersedia dalam edisi Home. Jadi, hanya ketika Anda menjalankan Windows 10 Professional, Enterprise, atau Education Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk mengubah pengaturan untuk mencegah Windows 10 memperbaharui secara otomatis. Editor kebijakan grup  akan memberitahu Anda tentang pembaruan baru tanpa menginstalnya secara otomatis.
  1. Tekan tombol Logo Windows + R lalu ketik gpedit.msc dan klik OK.
  2. Buka Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update .
  3. Klik dua kali Configure Automatic Updates.
  4. Pilih Disabled dalam Configured automatic updates di sebelah kiri, dan klik Apply dan OK untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis Windows.
Catatan: Jika anda perlu memperbaharui versi Windows Anda nanti, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas, lalu pilih Diaktifkan untuk mengaktifkan fitur ini, Sehingga Anda dapat terus mengunduh  pembaruan.

Solusi 3. Meter Koneksi Jaringan Anda


Harap dipahami bahwa metode ini tidak akan berfungsi untuk koneksi Ethernet. Anda hanya dapat menonaktifkan pembaruan otomatis dengan menggunakan metode ini pada koneksi Wi-Fi. Jika komputer Anda terhubung ke WiFi, Anda dapat mencoba ini untuk menghentikan pembaruan otomatis  Windows 10.

  1. Klik tombol Start di kiri bawah desktop Anda, lalu klik aplikasi Settings .
  2. Klik Network & Internet .
  3. Klik WiFi di sebelah kiri, lalu klik nama koneksi Wi-Fi Anda.
  4. Klik untuk mengaktifkan Set as Metered Connection.

Solusi 4. Ubah Cara Pembaruan Windows 10 Menggunakan Registri


Tips Extra: Mengedit registri sangat beresiko dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pemasangan / instalasi anda jika tidak dilakukan dengan benar. Disarankan agar Anda membuat cadangan / membackup data di komputer Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Anda dapat menggunakan software gratis dibawah ini untuk mencadangkan data Anda dalam tiga langkah:

DOWNLOAD DISINI

Langkah 1. Jalankan EaseUS Todo Backup, lalu pilih opsi cadangan yang Anda inginkan.
Langkah 2. Pilih Sistem, hard drive, file atau aplikasi yang ingin Anda backup, dan kemudian pilih tujuan di mana Anda ingin menyimpan file cadangan.
Langkah 3. Klik "Lanjutkan" untuk mem-backup data dari hard drive.

Setelah data di cadangkan sekarang tidak perlu khawatir data Anda hilang ketika menyesuaikan pembaruan Windows 10  menggunakan registri. Berikut adalah caranya:

  1. Gunakan Windows + R Keyboard shortcut untuk membuka perintah RUN
  2. Ketik regedit, dan klik OK untuk membuka registry. Jelajahi jalur berikut HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ Windows
  3. Klik kanan tombol windows (folder), pilih New , lalu klik Key .
  4. Beri nama new key WindowsUpdate  dan tekan Enter .
  5. Klik kanan kunci yang baru dibuat, pilih New , dan klik Key
  6. Beri nama New Key  AU dan tekan Enter . Di dalam kunci yang baru dibuat, klik kanan pada sisi kanan, pilih New , dan klik pada DWORD (32-bit) .
  7. Beri nama new key AUOptions dan tekan Enter . Klik dua kali key yang baru dibuat dan ubah nilainya menjadi 2 . Ini untuk "Notify for download and notify for install". Klik OK .
  8. Tutup Registry untuk menyelesaikan tugas.
Menggunakan value ini mencegah Windows 10 dari mengunduh pembaruan secara otomatis, dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika pembaruan baru tersedia. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari pembaruan Windows 10 otomatis secara efektif.


Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10. Setiap metode ini telah terbukti berfungsi untuk menonaktifkan semua pembaruan otomatis di Windows 10.

ORIGINAL POST ⇒   HERE

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon